SRI Sukses Gelar Diskusi Daring Interaktif Perdana

SWASABA RESEARCH INITIATIVE (SRI) menyelenggarakan Diskusi Daring Interaktif #1 (DDI#1), dengan tema “Penyusunan Dokumen Perencanaan (RPJMD Teknokratik, RPJMD, dan Renstra Perangkat Daerah) dan Sinkronisasi dengan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019” pada Sabtu (10/10) pagi hingga siang. Acara perdana ini mendapat respons positif dari 76 peserta diskusi yang berasal dari berbagai Kabupaten/Kota dan Provinsi di Indonesia. Sesi diskusi selama satu setengah jam berlangsung interaktif dengan menghadirkan seorang praktisi pemerintahan daerah, Stephanus Aan.

Tema ini sengaja diangkat SRI mengingat ada 270 daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak di 9 Desember 2020 nanti. Ditambah lagi adanya beberapa perubahan regulasi yang mengharuskan pemerintah daerah membuat penyesuaian dan penyelarasan dalam proses perencanaan dan penganggaran untuk tahun 2021. Dinamika penerapan sistem aplikasi SIPD secara nasional di tahun 2021 juga menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah daerah.

Respons positif terkait acara diskusi ini terlihat dari tingginya antusias peserta dalam memberikan tanggapan dan pertanyaan khususnya yang terkait kesulitan dan permasalahan yang dihadapi secara langsung di daerah dengan perubahan regulasi di bidang perencanaan dan penganggaran. Selama diskusi, SRI memberikan beberapa saran dan langkah strategis yang komprehensif kepada peserta untuk mendorong percepatan sinkronisasi perencanaan di daerah, meliputi: Pertama, melakukan mapping Kegiatan dan Sub Kegiatan di Permendagri 90/2019 dengan struktur kelembagaan eksisting di daerah sebelum Penetapan APBD 2021 di November 2020. Hal ini untuk memberikan kerangka yang jelas Nomenklatur dan Kodifikasi Program dan Kegiatan di APBD 2021 di Tiap Urusan sesuai SOTK Perangkat Daerah. Kedua, menyesuaikan indikator untuk kegiatan dan sub kegiatan hasil mapping. Ketiga, menyusun RPJMD Teknokratik untuk daerah yang menyelenggarakan Pilkada di Desember 2020. Dokumen ini sekaligus diselaraskan dengan hasil sinkronisasi program, kegiatan, dan sub kegiatan beserta indikator outcome yang sudah dilakukan mapping berdasarkan Permendagri 90/2019. Dan Keempat, melakukan evaluasi penyesuaian struktur organisasi kelembagaan terkait perumpunan program, kegiatan, dan sub kegiatan di tahun 2021.

SRI secara reguler menggelar Diskusi Daring Interaktif dengan berbagai isu strategis dalam pembangunan. Informasi lebih detail mengenai tema diskusi dapat diakses melalui menu agenda yang termuat di website www.sri.id

Total Page Visits: 378 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *