Pentingnya Integrasi Database Standar Satuan Harga dengan SIPD

Sejak implementasi aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) melalui amanat regulasi Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 dan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019, setiap daerah harus menyediakan master data dalam proses perencanaan. Data-data tersebut terdiri dari Standar Satuan Harga (SSH), Standar Biaya Umum (SBU), Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK), dan Analisa Standar Belanja (ASB). Empat master data ini wajib tersedia sebelum perangkat daerah melaksanakan penyusunan rencana belanja.

Keberadaan master data atau dapat juga disebut sebagai database standar satuan ini memiliki peran penting dan selalu dinamis, maka perlu dikelola dalam suatu aplikasi sistem informasi manajemen (SIM). Melalui aplikasi SIM tersebut proses penyimpanan, akses, pembaruan, dan penghapusan data bisa dilakukan dengan mudah.

Swasaba Riset Inisatif (SRI) telah mengembangkan sebuah aplikasi Sistem Informasi Manajemen Standar Satuan Harga (SIM SSH). Aplikasi ini dapat membantu mempermudah dan mempercepat proses updating dan integrasi dengan aplikasi SIPD.

Jumat (20/08/2021) lalu, SRI mendapatkan kehormatan menerima kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Serang untuk melaksanakan Rapat Koordinasi Penyusunan Standar Satuan dan Integrasi SIM SSH dengan SIPD. Verifikasi data, updating SSH, penyusunan HSPK dan ASB serta integrasi master standar satuan dengan SIPD adalah yang mengemuka dalam diskusi dan akan dilanjutkan dengan pendampingan Penyusunan Standar Satuan dan Integrasi Aplikasi SSH dengan SIPD.

Total Page Visits: 2977

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *