SRI Sempurnakan Sistem Informasi Manajemen SHS

Sejak diperkenalkan pada 2021, Sistem Informasi Manajemen Standar Harga Satuan (SIM-SHS) yang dikembangkan oleh Tim Swasaba Research Initiative (SRI) Yogyakarta telah banyak mengalami penyempurnaan, seiring dangan perkembangan tata regulasi dan kebutuhan para pengguna. Aplikasi ini berfungsi sebagai instrumen dalam pengelolaan database Standar Satuan Harga (SSH), Standar Biaya Umum (SBU), Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK), dan Analisis Standar Belanja (ASB). Aplikasi ini memuat antara lain daftar, jenis, spesifikasi teknis, dan harga barang tertentu, dari berbagai penyedia (supplayer) barang/jasa pemerintah.

Aplikasi ini akan sangat membantu, mempermudah, dan mempercepat pengguna dalam proses pemutakhiran dan pengintegrasian data dengan Aplikasi SIPD-RI. Bagi OPD, aplikasi ini juga akan mempermudah dalam melakukan usulan belanja barang baru, sesuai dengan periode tahun anggaran, baik tahun anggaran murni maupun perubahan. Selanjutnya, dengan mudah pula admin akan melakukan verifikasi terhadap usulan OPD, barang/jasa apa saja yang akan disetujui (atau ditolak) untuk dibeli.

Pada Senin (12/02/2024), SRI melaksanakan asistensi dalam Penyusunan SHS Kabupaten Serang tahun 2025. Agenda utama yang diangkat dalam acara tersebut adalah “Penyempurnaan data dan evaluasi pengisian kuesioner SSH”. Melalui forum pendampingan tersebut, akurasi dan validitas data yang dihasilkan jauh lebih presisi. Akhirnya, data tersebut dihimpun dalam aplikasi SIM-SHS. Di Kabupaten Serang, aplikasi ini sudah mulai dibangun sejak 2021 dan hingga saat ini terus dilakukan improvisasi dan penyempurnaan.

Total Page Visits: 181

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *