Sambel Pecel Oleh-oleh Khas Madiun

Sambel pecel. Jika mengingatnya, biasanya identik dengan Kota Madiun.

Pemerintah Kota Madiun melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Madiun secara serius melihat potensi sambel pecel ini agar dikembangkan sebagai salah satu basis ekonomi warga. Untuk itu, Bappelitbangda Madiun menggelar seminar pendahuluan penyusunan kajian produk Sambel Pecel Kota Madiun Tahun 2023, pada Kamis (21/09/2023) di Ruang Rapat Bappelitbangda Kota Madiun.

Tenaga Ahli dari Swasaba Research Initiative (SRI) yang dipercaya oleh Bappelitbangda Kota Madiun sebagai tim penyusun kajian produk sambel pecel memaparkan gambaran awal kondisi usaha penjualan nasi pecel dan industri pembuatan sambel pecel. Kondisi yang disampaikan didasarkan atas data hasil survei lapangan yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 14-27 Agustus 2023.

Kajian ini diharapkan dapat memberikan gambaran umum profiling usaha penjualan nasi pecel dan usaha pembuatan sambel pecel, serta dapat memberikan gambaran alokasi kebutuhan dan persediaan bahan baku sambel pecel, utamanya cabe yang cenderung fluktuatif dan sempat menjadi komoditas penyumbang inflasi.

Kreativitas pemerintah daerah dalam memajukan perekonomian lokal seperti Kota Madiun ini perlu terus didukung dan dikembangkan. Semoga semakin banyak inisiatif positif serupa di daerah lainnya.

Total Page Visits: 112

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *