Rapat di DPRD, SRI Paparkan ASB Fisik dan ASB non Fisik

Swasaba Riset Inisiatif (SRI) mendapatkan kehormatan untuk memaparkan Draft Rancangan ASB Fisik dan ASB non Fisik Pemerintah Kabupaten Kulon Progo kepada Pansus DPRD Kulon Progo. Acara yang digelar pada Rabu, 06 April 2022 ini dilaksanakan di Ruang Sadewa DPRD Kulon Progo. Rapat kerja yang dipimpin langsung oleh Ketua Pansus Nur Eny Rahayu, S.E. dan dihadiri para anggota pansus DPRD Kabupaten Kulon Progo, membahas tentang Standardisasi Harga Barang dan Jasa (SHBJ) dan penyusunan ASB.

Dalam beberapa tahun terakhir, metode penyusunan formula ASB didominasi oleh metode regresi. Alternatif metodologi yang dikembangkan SRI adalah penyusunan formula ASB yang komponennya sungguh-sungguh didasarkan pada karakteristik suatu sub kegiatan. Oleh karena itu, setiap sub kegiatan memiliki formula ASB yang berbeda, tergantung pada desain dari kegiatan itu sendiri.

Dalam model ASB ini, perkiraan jumlah alokasi dana atau pagu anggaran untuk suatu sub kegiatan direfleksikan dari perkalian harga (SHBJ/SSH) dan quantity, disertai dengan standarisasi rekening belanja pada masing-masing sub kegiatan. Permodelan ini kemudian diwadahi dalam aplikasi SIM ASB yang tersaji sampai dengan format RKA bagi masing-masing sub kegiatan.

Total Page Visits: 286

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *