MUSRENBANG RKPD TAHUN 2025 DAN RPJPD TAHUN 2025-2045 KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Pada Senin 1 April 2024, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Bertempat di Gedung Putri Karang Melanu Jl. Teluk Dalam, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, acara ini dilaksanakan dengan sukses. Musrenbang merupakan bagian dari proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045.

Penyusunan Rancangan RKPD Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2025 mengambil tema Pemantapan Pemberdayaan Masyarakat untuk Akselerasi dan Transformasi Pembangunan. Sementara itu, dalam Penyusunan Rancangan RPJPD Kabupaten Kutai Kartanegara 2025-2045 mengangkat tema KUKAR EMAS BERBUDAYA 2045: Pusat Pangan, Pariwisata, dan Industri Hijau yang Maju, Sejahtera, dan Berkelanjutan.

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, menyampaikan bahwa forum ini merupakan salah satu tahapan penting dalam proses transformasi struktur ekonomi Kabupaten Kutai Kartanegara, dari semula berorientasi pada sumber daya tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources) menuju ke sektor sumber daya terbarukan (renewable resources) seperti pengembangan SDM, pertanian, dan sektor ekonomi kreatif.

Tim Swasaba Research Initiative (SRI) Yogyakarta selaku konsultan/pendamping bagi Tim Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dalam penyusunan dokumen RPJPD Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2025-2045, meyakini bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan mengubah konstelasi pembangunan di Kutai Kartanegara. Untuk itu, peran strategis Kutai Kartanegara sebagai mitra bagi IKN perlu dirumuskan dengan matang dalam dokumen perencanaan pembangunan ke depan, untuk mendukung dan mengoptimalkan peluang pembangunan IKN. Kehadiran IKN harus menjadi milestones bagi upaya percepatan transformasi ekonomi Kabupaten Kutai Kartanegara.

Selamat dan sukses atas pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2025 dan RPJPD Tahun 2025-2045 Kabupaten Kutai Kartanegara, bersama visi pembangunan 20 tahun, “KUKAR EMAS BERBUDAYA 2045: Pusat Pangan, Pariwisata, dan Industri Hijau yang Maju, Sejahtera, dan Berkelanjutan”.

Total Page Visits: 671

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *