Koordinasi Penyempurnaan Aplikasi Analisis Standar Belanja (ASB)

Swasaba Research Initiative (SRI) saat ini tengah mendampingi beberapa daerah dalam penyusunan ASB. Untuk memperkaya pengalaman dan pengetahuan seputar ASB, Tim SRI berkoordinasi lebih teknis dengan BPKAD Kabupaten Purworejo pada Rabu (16/02) pagi hingga siang. Pertemuan ini juga dimaksudkan untuk menyempurnakan aplikasi ASB yang telah dikembangkan oleh SRI agar semakin relevan dengan kebutuhan mitra-mitra pemerintah daerah.

Analisis Standar Belanja (ASB) merupakan salah satu elemen penting dalam proses perencanaan dan penganggaran yang dilakukan pemerintah. Dalam implementasinya, ASB sering menjadi tantangan terutama di lingkup organisasi perangkat daerah (OPD). Dengan aplikasi ASB, diharapkan proses perencanaan dan penganggaran yang dilakukan oleh OPD semakin baik.

Selanjutnya, dalam Pedoman Pelaporan Capaian Aksi Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2022, instrumen SSH dan ASB (Analisis Standar Biaya dalam SIPD adalah standar satuan konstruksi) menjadi salah satu indikator dalam perencanaan dan penganggaran APBD—yang tidak hanya sekadar dokumen tersebut dibuat/disusun, akan tetapi keberadaan dokumen SSH dan ASB harus dapat ditetapkan dan diimplementasikan.

Total Page Visits: 245

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *