Kick Off Meeting Pendampingan Persiapan Penyusunan Ranwal RPJPD Kabupaten Serang Tahun 2025-2045

Kali ini Swasaba Research Initiative (SRI) Yogyakarta menerima kunjungan dan kepercayaan dari jajaran Bappeda Kabupaten Serang. Tim SRI didaulat untuk memberikan supervisi dalam penyusunan Rancangan Awal (Ranwal) RPJPD Kabupaten Serang Tahun 2025-2045. Dalam audiensi ini telah dibahas tentang teknis pendampingan yang meliputi: pembentukan pokja (Perekonomian dan SDA; Pemerintahan dan Pembangunan Manusia; Infrastruktur dan Kewilayahan), strategi kerja masing-masing pokja, dan penyusunan tahapan kerja lengkap dengan tata kala pendampingan.

Selain membahas aspek teknis penyusunan, dibahas pula materi pokok yang terkait dengan substansi Ranwal RPJPD. Berdasarkan Permendagri No. 86 tahun 2017, struktur Ranwal RPJPD hanya berisi enam bab. Dalan perjalanannya, kini sistematika konsep RPJPD tersebut telah berkembang menjadi delapan bab. Dua bab tambahan adalah adalah (1) Proyeksi Demografi dan Kebutuhan Sarana Prasaran, dan (2) Indikasi Kinerja RTRW dan Rencana Sektoral dalam Dokrenda.

Kegiatan yang berlangsung sejak Minggu (27/08) di Studio SRI dan UC-UGM tersebut dihadiri oleh Kepala Beppeda, para kepala bidang dan staf, berlangsung dengan konstruktif, serta mendapat respon dengan antusias dari para peserta. SRI Yogyakarta siap melaksanakan kegiatan supervisi tersebut dengan menyiapkan materi dan tim terbaiknya.

Total Page Visits: 190

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *