FGD Penyusunan RPJPD Kabupaten Kulon Progo Tahun 2025-2045

Swasaba Research Initiative (SRI) Yogyakarta bersama Bappeda Kabupaten Kulon Progo kembali menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Dokumen RPJPD Kabupaten Kolon Progo Tahun 2025-2045. Bertempat di Wisma MM-UGM Bulaksumur, acara yang digelar seharian pada Sabtu 20 April 2024 tersebut berjalanan dengan lancar dan sukses.

Dalam FGD tersebut telah dihadirkan para pakar di bidang Geospasial, Pertanian, Perikanan, dan Ekonomi Kreatif. Kehadiran para pakar tersebut diharapkan dapat memberikan masukan terhadap dokumen rancangan RPJPD Kabupaten Kulon Progo 2025-2045 agar lebih berkualitas, mulai dari aspek penguatan data yang disajikan, kekuatan dan ketajaman analisis, sampai dengan aspek arah dan kebijakan pembangunan Kabupaten Kulon Progo 20 tahun ke depan.

Para pakar yang hadir dan memaparkan materi dalam acara tersebut masing-masing Prof. Dr.rer.nat Muh Aris Marfai (Kepala Badan Informasi Geospasial RI). Beliau memaparkan materi presentasi yang berjudul Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial dalam Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Kulon Progo.

Pakar kedua adalah Guru Besar UGM bidang Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan Prof. Dr. Subejo, yang memaparkan materi bertajuk Problematikan, Potensi, dan Strategi Pencapaian Ketahanan Pangan dalam Konteks Pembangunan Daerah di Kabupaten Kulon Progo.

Pakar ketiga yang tampil adalah Guru Besar Ilmu Sosial Ekonomi Perikanan dan Kelautan UGM, Prof. Dr. Suadi, beliau memaparkan materi berjudul Menyongsong Abad Samudera Hindia 2 DIY untuk Kulon Progo: Strategi Pengembangan Industri Kelautan dan Perikanan untuk Penggerak Ekonomi Daerah dan Masyarakat”.

Pakar terakhir yang memberikan masukan dan presentasi adalah Ahli Ekonomi Kreatif dari FEB UGM, Boyke R. Purnomo, Ph.D., CFP. yang memaparkan materi dengan tema Pengembangan Ekonomi Kreatif Daerah.

Turut hadir dalam FGD tersebut antara lain Kepala Bappeda Kabupaten Kulon Progo Ir. Muh. Aris Nugroho, M.M.A. beserta jajarannya, yang diperkuat oleh beberapa pimpinan SKPD terkait seperti Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Dinas Perdagangan dan Perindustrian.

Total Page Visits: 122

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *