Workshop Integrasi Perencanaan Pembangunan Daerah Berbasis Potensi Wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara

Swasaba Research Initiative dengan bangga memfasilitasi Workshop Integrasi Perencanaan Pembangunan Daerah Berbasis Potensi Wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Kartanegara ini, digelar selama tiga hari 16-18 Desember 2021 di Hotel Ibis Yogyakarta Malioboro.

Workshop yang dirancang dan didesain khusus untuk peningkatan kapasitas ASN Bappeda terkait pemahaman konsep Kukar Idaman, akronim dari Inovatif, Daya saing dan Mandiri (Idaman). Kukar Idaman adalah salah satu gerakan yang mengoptimalkan seluruh potensi daerah, dengan mendorong kreatifitas dan inovasi seluruh pelaku pembangunan dalam menciptakan daya saing dan kemandirian daerah yang didasari semangat kolaborasi dan sinergisitas antara pemerintah kabupaten, dunia usaha, akademisi, dan masyarakat untuk mewujudkan Kutai Kartanegara yang lebih baik (RPJMD Kutai Kartanegara 2021-2026, V-2).

Berbagai narasumber yang dihadirkan mulai dari akademisi, praktisi dan pengambil kebijakan yang memiliki kompetensi yang tinggi pada bidangnya masing-masing. Materi workshop kali ini adalah:

(1) Sinkronisasi Perencanaan dan Penganggaran,
(2) Kecamatan dalam Pembangunan Wilayah: Penataan Fungsi dan Kelembagaan,
(3) Pembangunan Infrastruktur dan Konektivitas,
(4) Analisis Makro Ekonomi Daerah,
(5) Reinventing Digitalisasi Birokrasi,
(6) Pembangunan Pertanian: Sektor Agro dan Pangan,
(7) Strategi Pengembangan Sektor Kelautan dan Perikanan Daerah, dan
(8) Pengembangan Ekonomi Kreatif Daerah.

Total Page Visits: 753

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *