Workshop Agenda 2022 Swasaba Research Initiative

Perencanaan Pembangunan Daerah

  • Penyusunan RPJMD dan Sinkronisasi Renstra Perangkat Daerah Berdasarkan Permendagri 86/2017 dan Permendagri 90/2019.
  • Penyusunan Renstra Perangkat Daerah Berdasarkan Permendagri 86/2017 dan Permendagri 90/2019.
  • Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah

Keuangan Daerah

  • Penyusunan Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah Berdasarkan PP 12/2019 dan Permendagri 77/2020.
  • Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah melalui SIPD dan Sinkronisasi Sistem Informasi Keuangan Pemerintah Daerah.
  • Teknik Updating Standar Satuan (SSH, ASB, SBU dan HSPK) pada SIPD.
  • Penyusunan ASB Konstruksi-non Konstruksi dan Implementasinya dalam Perencanaan dan Penganggaran Keuangan Daerah.
  • Mobilisasi Pendapatan Asli Daerah dan Teknik Penyusunan Basis Data Potensi Pendapatan Asli Daerah.
  • Penyusunan Roadmap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah.
  • Sistem Informasi Geografi untuk Pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PBB-P2 dan BPHTB).
  • Pengelolaan Hibah dan Bantuan Sosial yang Bersumber dari APBD Berdasarkan Permendagri 77 Tahun 2020.

Aset Daerah

  • Pengelolaan Barang Milik Daerah Berdasarkan PP 28/2020 dan Permendagri 47/2021.
  • Optimalisasi Pemanfaatan Aset Daerah melalui Kerja Sama Kemitraan.
  • Pemanfaatan dan Optimalisasi Barang Milik Daerah dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Daerah.
  • Pembukuan, Inventarisasi dan Pelaporan Barang Milik Daerah Berdasarkan Permendagri 47/2021.
  • Perencanaan Kebutuhan Barang Milik Daerah Berdasarkan Standar Kebutuhan Barang Milik Daerah.
  • Pengadaan Barang Milik Daerah Berdasarkan Perpres 12/2021.

Audit

  • Audit Investigasi/Audit Kasus untuk Aparat Pengawas Internal Pemerintah.
  • Kesiapan Perangkat Daerah dalam Menghadapi Audit atas Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban APBD serta Tindaklanjut Hasil Temuan.
  • Teknik Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP).

BUMD

  • Penyertaan Modal Pemerintah Daerah pada BUMD.
  • Penyusunan Kebutuhan dan Kelayakan Bidang Usaha untuk Pendirian BUMD.

Organisasi dan Sumber Daya Aparatur

  • Pembentukan Kelembagaan Cabang Dinas dan Unit Pelaksana Teknis Daerah.
  • Updating Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja dalam Rangka Penyederhanaan Birokrasi/Reformasi Birokrasi.
  • Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan dalam Rangka Reformasi Birokrasi.
  • Implementasi Manajemen Kinerja Berdasarkan PP 30/2019 dan Permenpan dan RB 8/2021 di Lingkungan Pemerintah Daerah.
  • Penataan Pegawai dalam Rangka Penyederhanaan Birokrasi di Lingkungan Pemerintah Daerah.
  • Pembinaan Jabatan Fungsional dalam Penyederhanaan Birokrasi di Lingkungan Pemerintah Daerah.
  • Penyusunan Perkada tentang Standar Kompetensi Jabatan, Manajemen Talenta, dan Pola Karier di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Komunikasi Publik

  • Pengelolaan Komunikasi Publik Pemerintah Daerah.
  • Strategi Navigasi Timeline dan Menumpangi Isu Media Sosial.
  • Pengelolaan Komunikasi Krisis bagi Pemerintah Daerah.
  • Strategi Komunikasi Pemerintah Daerah dalam Peningkatan Investasi dan Kolaborasi dengan Entitas Bisnis.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

  • Peningkatan Kapasitas DPRD di Bidang Perencanaan dan Penganggaran.
  • Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (legal drafting).
  • Peningkatan Kapasitas DPRD dalam Mengkomunikasikan Aspirasi Masyarakat dalam Perancangan dan Penganggaran

Desa dan Potensi Wilayah

  • Pengelolaan Keuangan dan Pemanfaatan Potensi Desa.
  • Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa).
  • Pengelolaan Pariwisata dan Penguatan Ekonomi Kreatif.
  • Penyusunan Roadmap Pengembangan UMKM dan Koperasi.
  • Penyusunan Roadmap Sistem Inovasi Daerah.
Total Page Visits: 929

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *