SRI Berkolaborasi dengan Bappeda Kabupaten Tasikmalaya Gelar Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen RPJMD dan Renstra Perangkat Daerah

Swasaba Research Initiative (SRI) bekerjasama dengan Bappeda Kabupaten Tasikmalaya menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Dokumen RPJMD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2021-2026 pada 2-5 Mei 2021 di Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta. Kegiatan ini sebagai tidak lanjut kick off meeting Penyusunan Dokumen RPJMD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2021-2026 secara virtual antara tim teknis Bappeda Kabupaten Tasikmalaya dengan tim SRI pada awal April 2021.

Acara yang dibuka oleh Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya dan Direktur Eksekutif SRI ini diikuti oleh 21 orang dari Kabupaten Tasikmalaya. Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya Ahmad Muksin, S.H., M.M menuturkan bahwa bimtek ini dilaksanakan dalam rangka penguatan analisis pembuatan RPJMD Kabupaten Tasikmalaya. “Kenapa kami memilih kerjasama dengan SRI ini karena ada keunggulan tersendiri, berkaitan dengan materi yang tidak hanya berbicara secara teori tetapi juga perpaduan dengan pengalaman praktisi.”, ungkap Ahmad Muksin, S.H., M.M. Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya ini juga berharap kerjasama dengan SRI ini bukan hanya untuk saat ini saja, tetapi juga akan berjalan di waktu-waktu mendatang dan berharap Tasikmalaya lebih maju sebagai hasil akhirnya.

Bimbingan teknis yang dirancang khusus untuk Tim Bappeda selama tiga hari tersebut membahas dan mendiskusikan hasil mapping penjabaran visi, misi, tujuan dan sasaran, sampai dengan rumpun urusan beserta indikatornya, kemudian program dan indikator (outcome) serta kegiatan (output). Materi bimtek yang dibahas dalam penyusunan dokumen RPJMD ini menyesuaikan visi misi dan program prioritas kepala daerah terpilih serta sesuai dengan kebutuhan substansi materi dalam dokumen RPJMD, yaitu: (1) Diskusi Kerangka Analisis Dokumen RPJMD Kab Tasikmalaya 2021-2026 dan Renstra Perangkat Daerah, (2) Prioritas Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, (3) Analisis Kapasitas Keuangan Daerah dan Desain Kerangka Pendanaan Daerah, (4) Pertumbuhan Ekonomi Kerakyatan berbasis Pertanian, (5) Cascading RPJMD Kab Tasikmalaya 2021-2026, (6) Pengembangan UKM dan Sektor Ekonomi Daerah, (7) Permasalahan dan Isu Strategis, (8) Pengembangan Sektor Perikanan dan SDA, (9) Pengembangan Wilayah Berbasis Geospasial, dan (10) Bedah Cascading: Misi sampai dengan Kegiatan, serta (11) Diskusi hasil Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tahun 2020.

Bimtek ini menghadirkan berbagai narasumber yang berpengalaman baik dari kalangan akademisi maupun praktisi. Peserta terlibat aktif dalam sesi tanya jawab selama penyampaian materi dan secara langsung mengaplikasikan materi bimtek ke dalam rancangan RPJMD dalam sesi Focus Group Discussion (FGD).

Melalui bimtek ini, peserta diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensinya dalam merumuskan  dan mendesain dokumen perencanaan lima tahunan dengan baik dan benar, serta memudahkan proses penyusunannya. Hal ini dikarenakan Dokumen Rancangan Awal (Ranwal) RPJMD Kabupaten Tasikmalaya harus disampaikan tepat waktu kepada DPRD, yaitu  maksimal 40 hari sejak Pelantikan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.***

Total Page Visits: 1551 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *