BIimbingan Teknis Informasi Geospasial untuk Mendukung Penyusunan Dokumen Tata Ruang dan Perencanaan Pembangunan Daerah

Swasaba Research Initiative (SRI) Yogyakarta adalah lembaga riset yang melakukan aktivitas penelitian, pelatihan, dan konsultansi.

SRI selalu berusaha mengutamakan aktualisasi dalam setiap programnya, agar tetap relevan dengan kebutuhan dan dinamika mutakhir. Salah satu tema yang sesungguhnya amat relevan dan dibutuhkan tetapi belum banyak mendapatkan aksentuasi para pengambil keputusan adalah tentang: “Apa dan Bagaimana Manfaat Informasi Geospasial (IG)”.

Batch pertama Bimtek dengan tema tersebut telah dilaksanakan SRI pada 11—13 Juni 2024. Bimtek IG tersebut dirancang sedemikian rupa agar dapat mengakomodasikan kebutuhan Pemerintah Daerah (atau instansi lain yang relevan) dalam penyusunan dokumen tata ruang dan perencanaan pembangunan.

Materi Bimtek disajikan secara komprehensif, mulai dari permasalahan yang banyak dihadapi oleh Pemda (atau lembaga lain yang mendampingi penyusunan dokumen tata ruang), sampai dengan alternatif solusi yang dapat diambil sebagai langkah antipasi dan mitigasi dalam penyusunan dokumen perencanaan.

Kegiatan Bimtek IG dikemas dalam format interaktif antara pemateri dan para peserta, sehingga menjadi sebuah forum komunikasi timbal balik yang atraktif.

SRI Yogyakarta akan mengagendakan kembali Bimtek bertema IG dalam dua kelas: (1) kelas Materi Teknis bagi perangkat daerah seperti Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dan (2) kelas Materi Kebijakan dengan target peserta para pengguna IG seperti Bappeda, Litbang, dan perangkat daerah terkait.

SRI Yogyakarta mengucapkan terima kasih kepada para peserta atas apresiasi, masukan, dan saran selama berlangsungnya acara. Apresiasi dan masukan para peserta itu menjadi cambuk bagi kami untuk terus merancang materi Bimtek yang lebih produktif, sehingga mampu memenuhi ekspektasi para peserta.

Total Page Visits: 953

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *